Setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dianggap pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya (Pasal 12B UU Nomor 20 Tahun 2001) --
Konsultasi Online

External Link
Follow Us
  • Facebook:
  • Twitter:
  • YouTube:

Baristand Industri Manado mengadakan kegiatan Diseminasi dan Bimbingan Teknis Hasil Penilitian dan Pengembangan yang bertajuk Pelatihan Pembuatan Produk Berbahan Baku Aren di Desa Wanga Amongena, Kecamatan Motoling Timur, Kabupaten Minahasa Selatan pada tanggal 29 Maret 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Baristand Industri Manado Dr. Ir. Broerie Pojoh, M.Sc. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan materi seputar Baristand Industri Manado.

Pembukaan Diseminasi

Kegiatan ini dihadiri oleh 35 peserta yang adalah warga Desa Wanga Amongena, warga Desa Wanga, dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan. 

Peserta dibekali dengan wawasan seputar pengolahan bahan baku aren menjadi produk yang bernilai lebih. Adapun materi-materi yang disampaikan diantaranya pembuatan gula cair oleh Sjamsiwarni R. Sjarif, ST., pembuatan saledo oleh Ir. Meiske S. Y. Lumingkewas, M.Si., pembuatan meuble oleh Petrus Patandung, ST., dan pengemasan oleh Ir. Nova P. Kumolontang, M.Si. 

Foto Bersama Peserta

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna GMIM Sion Wanga ini direspon positif oleh pemerintah dan para peserta. Hal ini terbukti dari partisipasi aktif dalam bertanya dan memberi pendapat pada forum diskusi. Para peserta juga sangat antusias ketika melakukan praktik pembuatan gula cair dari bahan baku nira aren. 

Praktik Gula Cair

Pelatihan yang berlangsung satu hari ini pun akhirnya ditutup dengan foto bersama peserta yang sudah melakukan praktik pembuatan gula cair dan kata-kata sambutan penutup dari pemerintah setempat dan Kepala Seksi Pengembangan Jasa Teknis Baristand Industri Manado Frelly R. M. Kaunang, MT.

Penutupan Pelatihan

 
Pencarian
Jumlah Kunjungan