Setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dianggap pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya (Pasal 12B UU Nomor 20 Tahun 2001) --
Konsultasi Online

External Link
Follow Us
  • Facebook:
  • Twitter:
  • YouTube:

LEMBAGA SERTIFIKASI PRODUK BALAI RISET DAN STANDARDISASI INDUSTRI MANADO (LSPro BARISTAND INDUSTRI MANADO)

 

L
SPro Baristand Industri Manado adalah Lembaga Sertifikasi yang melakukan Sertifikasi Produk sesuai dengan standar produk yang diacu dan diakui melalui evaluasi dan kajian sistem mutu/verifikasi, pengambilan contoh, dan penilaian hasil uji.LSPro Baristand Industri Manado berada di Balai Riset dan Standardisasi Industri Manado, di bawah Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri Kementerian Perindustrian.

LSPro Baristand Industri Manado merupakan Lembaga Penilaian Kesesuaian yang memiliki kompetensi dalam menerbitkan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI dan telah memperoleh Sertifikat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Produk dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan Nomor Sertifikat LSPro-034-IDN, dengan Ruang Lingkup Akreditasi Air Minum Dalam Kemasan (SNI 01-3553-2006) dan Garam Konsumsi Beryodium (SNI-01-3556-2010).

 

TATA CARA PERMOHONAN MEMPEROLEH SERTIFIKAT PRODUK PENGGUNAAN TANDA SNI (SPPT-SNI)

  1. Pemohon sertifikasi penggunaan tanda SNI, mengajukan surat permohonanPimpinan Puncak LSPro Industri Manado, dengan melampirkan dokumen:
  2. Membayar biaya sertifikat yang terdiri dari biaya Formulir Permohonan, biaya sertifikasi (biaya audit kecukupan, biaya audit kesesuaian) dan pengambilan contoh, yang dibayarkankepada bendahara atau melalui rekening bendahara penerima PNBP Baristand Industri Manado sedangkan untuk biaya pengujian dibayarkan ke bendahara penerima secara langsung atau transfer ke rekening bendahara penerima PNBP.
  3. Melaksanakan tindakan koreksi seperti yang disyaratkan LSPro Baristand Industri Manado.
  • Fotocopy Akte Notaris Perusahaan
  • Fotocopy SIUI, SIUP,TDI, TDP dan SITU (ruang lingkup harus sesuai dengan produk yang dimohonkan)
  • Fotocopy NPWP
  • Surat Pendaftaran Merek dari Dirjen HKI /Sertifikat Merek
  • Surat Pelimpahan Merek atau Kerjasama antara pemilik merek dengan pengguna merek (hanya bila merek bukan milik sendiri)
  • Struktur Organisasi yang disahkan Pimpinan
  • Surat penunjukan Wakil Manajemen
  • Biodata Wakil Manajemen
  • Skematis Diagram Alir Proses Produksi
  • Daftar Induk Dokumen Sistem Manajemen Mutu (daftar seluruh prosedur, instruksi kerja, dan formulir untuk Sistem Manajemen Mutu)
  • Pedoman Mutu dan Prosedur Kerja yang telah disahkan
  • Fotocopy Sertifikat Sistem Manajemen Mutu (bila ada)
  • Fotocopy laporan atau sertifikat kalibrasi peralatan inspeksi/pengujian (untuk Komoditi AMDK)
  • SIPA atau Surat Izin/Kerjasama dari PDAM (hanya untuk Komoditi AMDK)
  • Sertifikat Hasil Uji Air Baku terhadap Permenkes No. 907/MENKES/SK/VII/2002 Lampiran II Persyaratan Air Baku (untuk Komoditi AMDK)
  • Sertifikat Hasil Uji Produk
  • Fotocopy SPPT SNI (Resertifikasi)

SKEMA SERTIFIKASI

Downoload Skema Sertifikasi


 STRUKTUR BIAYA

NO.

URAIAN

JUMLAH BIAYA (RP)

1.

Biaya Permohonan

500.000,-

2.

Biaya Sertifikasi per Ruang Lingkup

3.300.000,-

3.

Biaya Audit Kecukupan

1.000.000,-

4.

Biaya Asesmen

1. Lead Auditor (Asesor Kepala)(OH) **)

2. Auditor (Asesor) (OH) **)

3. Tenaga Ahli (OH) *)

4. Perdiem (Lead Auditor, Auditor, PPC) (OH)*)

2.000.000,-

1.500.000,-

600.000,-

5.

Biaya PPC **)

1.000.000,-

6.

Biaya Pengujian :

1. Pengujian AMDK sesuai SNI

2. Pengujian Garam Konsumsi sesuai SNI

3.

Jumlah

9.900.000,-

Catatan :

*) Jika Diperlukan

**) Biaya belum termasuk akomodasi dan transport (Lead Auditor, Auditor, PCC)

 Biaya Pengujian belum termasuk pengiriman contoh ke Lab Uji

 

 

 


HAK DAN KEWAJIBAN PEMOHON DAN PELANGGAN

  1. Hak Pemohon.
    1. Mendapatkan uraian rinci yang mutakhir tentang kewenangan pengoperasian LSPro Baristand Industri, Biaya Sertifikasi, Prosedur Evaluasi yang berlaku setiap sistem sertifikasi.
    2. Tambahan informasi lain yang diperlukan.
  2. Pemohon
    1. Mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan dengan data yang benar dan akurat.
    2. Memberikan informasi tentang jenis perusahaan, nama, alamat, status hukumnya, definisi produk yang akan disertifikasi, sistem manajemen yang diterapkan, standar mutu yang digunakan untuk produk yang akan disertifikasi jika pelanggan mengetahuinya.
    3. Melakukan persiapan yang diperlukan untuk pelaksanaan evaluasi, termasuk persiapan untuk pemeriksaan dokumen dan akses keseluruh bidang, rekaman (termasuk laporan audit internal) dan personil untuk tujuan evaluasi (pengujian, inspeksi, asesmen) serta penyelesaian keluhan.
    4. Mematuhi persyaratan dan ketentuan yang relevan dengan program sertifikasi.
    5. Menyetujui dan menandatangani kontrak kerjasama (F.08.01.00.2014).

 

  1. 3.Hak Pelanggan
    1. Menggunakan tanda SNI dan Logo LSPro Baristand Industri Manado sesuai ruang lingkup yang ditetapkan dan memenuhi ketentuan prosedur.
    2. Mengajukan keluhan, banding dan perselisihan terhadap keputusan sertifikasi sesuai prosedur yang berlaku.
    3. Mempublikasikan sertifikasi produknya sesuai kewenangan yang diberikan dan ketentuan yang berlaku.
    4. Mendapatkan informasi, jika ada perubahan persyaratan sertifikasi dari LSPro Baristand Industri Manado.

 

  1. 4.Kewajiban Pelanggan
  2. a.Selalu memenuhi ketentuan yang relevan dengan program sertifikasi.
  3. b.Melakukan persiapan yang diperlukan untuk pelaksanaan evaluasi, termasuk persiapan untuk pemeriksaan dokumen dan akses keseluruh bidang, rekaman (termasuk laporan audit internal) dan personil untuk tujuan evaluasi (pengujian, inspeksi, asesmen) serta penyelesaian keluhan.
  4. c.Membuat pernyataan bahwa sertifikasi sesuai dengan ruang lingkup sertifikasi yang telah diberikan.
  5. d.Tidak menggunakan sertifikasi produknya sedemikian rupa sehingga mengurangi wibawa LSPro Baristand Manado dan tidak membuat pernyataan yang menyesatkan atau tidak sah berkaitan dengan sertifikat produk.
  6. e.Menghentikan penggunaan semua iklan yang mengacu pada sertifikasi dan mengembalikan dokumen sertifikasi sesudah penundaan atau pencabutan sertifikasi, serta tidak ada produk yang disertifikasi beredar di pasar, produk yang disertifikasi dan secara potensial memiliki kerusakan, harus dilakukan tindakan perbaikan dan bila mungkin termasuk produk ditarik kembali.
  7. f.Menggunakan sertifikat hanya untuk menunjukkan bahwa produk telah disertifikasi sesuai standar yang digunakan
  8. g.Berusaha menjamin bahwa tidak ada sertifikasi atau laporan atau bagian yang disalahgunakan.
  9. h.Melakukan penyesuaian seperlunya jika ada perubahan persyaratan sertifikasi dalam waktu tertentu.

PROSEDUR PENANGANAN KELUHAN DAN BANDING

Keluhan dari Masyarakat

Keluhan, banding dan perselisihan yang dilakukan masyarakat atau instansi teknis secara resmi dalam kaitannya dengan suatu produk yang telah disertifikasi LSPro Baristand Manado, maka personil LSPro Baristand Manado mencatat dan segera dilakukan pemantauan/penelusuran berdasarkan jenis keluhan/Banding/Perselisihan.

Keluhan dalam kaitannya dengan tidak memenuhi syarat mutu yang digunakan (SNI), maka akan dilakukan pengambilan contoh dengan menugaskan Petugas Pengambil Contoh (PPC) pada tempat/lokasi dimana produk tersebut ditemukan ketidaksesuaian dengan persyaratan.

  1. Petugas Pengambil Contoh (PPC), disaksikan oleh pihak perusahaan, Instansi Pemerintah yang berwenang dibidang Industri secara bersama-sama ke lokasi meneliti dan mengambil contoh untuk diuji di laboratorium yang terakreditasi.
  2. Hasil uji dari laboratorium tersebut menjadi acuan untuk menetapkan langkah-langkah penanganan berikutnya.
  3. Hasil uji yang menunjukkan ketidaksesuaian dengan syarat mutu standar yang diacu (SNI), maka manajemen LSPro Baristand Industri Manado mengirimkan surat ke pihak perusahaan untuk segera menarik produk tersebut dari pasar terhadap produk tersebut.
  4. Pimpinan Puncak LSPro Baristand Manado menugaskan Auditor untuk mengaudit sistem manajemen mutu dan melakukan inspeksi produk pada perusahaan.
  5. Hasil penilaian lapangan oleh Auditor dan hasil uji laboratorium, dijadikan bahan acuan untuk keputusan penyelesaian keluhan pelanggan.
  6. Keputusan dari Komite ini dapat berupa:

-       Penundaan sertifikat penggunaan tanda SNI terhadap produk yang diadukan

-       Pencabutan sertifikat penggunaan tanda SNI terhadap produk yang diadukan.

  1. 7.Biaya operasional (Pengambilan contoh uji, pengujian, audit Sitem Mutu &Inspeksi Produk) harus ditanggung oleh pemegang sertifikat produk penggunaan tanda SNI.

 

Keluhan oleh Pelanggan

  1. Pelanggan dapat mengajukan keluhan kepada pihak LSPro Baristand Industri Manado atas keterlambatan proses sertifikasi.
  2. Keluhan Pelanggan terhadap proses sertifikasi, segera ditindaklanjuti oleh Bagian Operasional LSPro Baristand Manado dengan meneliti jenis dan bentuk keluhan.
  3. Keluhan yang berkaitan dengan waktu proses sertifikasi, dilakukan penelusuran keterlambatan dan jika ditemukan penyebab keterlambatan segera dilakukan perbaikan.
  4. Jika kesalahan dalam kaitannya dengan hasil keputusan dari Tim Pengkaji, maka segera dibentuk Tim untuk menyidangkan banding Pelanggan. Tim yang dibentuk tidak lagi sama dengan Tim Pengkaji yang pada awal menangani sertifikasi Pelanggan yang mengajukan keluhan.
  5. Perbaikan atas penyebab keterlambatan waktu proses sertifikasi, selanjutnya ditetapkan metode pencegahannya.
  6. LSPro Baristand Industri Manado menyampaikan permintaan maaf kepada Pelanggan atas keterlambatan proses sertifikasi secara tertulis.

Penanganan Banding Pelanggan

  1. Pelanggan dapat melakukan banding terhadap proses sertifikasi, hasil yang dikeluarkan oleh LSPro Baristand Industri Manado.
  2. Banding yang disampaikan oleh Pelanggan ke LSPro Baristand Industri Manado dicatat oleh Bagian Administrasi LSPro Baristand Industri Manado.
  3. Kepala Bagian Administrasi LSPro Baristand Industri Manado menyampaikan kepada Pimpinan Puncak yang selanjutnya mendisposisikan kepada Kepala Bagian Operasional untuk menindak-lanjuti banding pelanggan tersebut.
  4. Kepala Bagian Operasional LSPro Baristand Industri Manado meneliti banding yang disampaikan oleh pelanggan.
  5. Banding berupa kesalahan redaksional, ketidaksesuaian alamat, ketidaksesuaian standar yang diacu dengan yang tercantum dalam sertifikat, maka LSPro Baristand IndustriManado menarik kembali sertifikat yang dipegang pelanggan dan diadakan penggantian dengan yang baru. Nomor urut registrasi pelanggan mengalami perubahan.

Banding

  1. Jika dikarenakan oleh suatu hal, pemberitahuan yang diberikan akan mengakibatkan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI ditolak, ditangguhkan, dicabut, perusahaan berhak untuk mengajukan banding.
  2. Banding terhadap keputusan LSPro Baristand Industri Manado yang secara langsung berkaitan dengan status Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI akan dipertimbangkan oleh suatu kajian banding yang dibentuk oleh Tim Pengkaji SPPT SNI. Tim Pengkaji yang ditunjuk untuk masing-masing banding harus terdiri dari anggota Tim Pengkaji SPPT SNI, dimana tidak seorangpun memiliki kepentingan komersil yang langsung dalam subyek banding.
  3. Banding harus dibuat secara tertulis dan ditujukan kepada Pimpinan Puncak LSPro Baristand Industri Manado, dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal diterimanya surat pemberitahuan penolakan, penangguhan atau pencabutan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI dan dilampirkan fakta dan data pendukung yang relevan untuk dipertimbangkan sesuai prosedur banding (LSPro Baristand Industri Manado).
  4. Semua banding akan ditangani secara kasus per kasus oleh Tim Pengkaji Banding yang terdiri dari Ketua dan dua orang Anggota Kajian SPPT SNI. Bukti yang mendukung Keputusan Tim Pengkaji Tinjauan SPPT SNI mencabut Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI harus disampaikan kepada Tim Pengkaji Banding.
  5. Surat Keputusan Hasil Naik Banding akan disampaikan kepada perusahaan.
  6. Kepala Bagian Operasional mengendalikan banding yang disampaikan oleh pelanggan.

Aturan pertanggung jawaban LSPro BaristandIndustri Manado atas banding Pelanggan yang diterima dan dibenarkan serta mengakibatkan timbulnya biaya dan atau kerugian

  1. Kesalahan, kelalaian, dan kecacatan sertifikat yang diterbitkan oleh LSPro Baristand IndustriManado, sertifikat yang dibandingkan ditarik dari pelanggan dan harus digantikan tanpa pembebanan biaya kepada Pelanggan.
  2. Pengambilan contoh LSPro Baristand IndustriManado mengendalikan pengambilan contoh dalam kaitan kepentingan pengujian untuk sertifikasi, adanya kesalahan dan menimbulkan kerugian biaya dalam pengambilan contoh uji oleh petugas pengambil contoh, maka LSPro Baristand IndustriManado akan menanggung seluruh biaya yang diakibatkannya.
  3. Inspeksi dan audit pelaksanaan lapangan terhadap sistem manajemen pelanggan (audit penerapan). Kesalahan, kecerobohan, kelalaian dalam pelaksanaan inspeksi dan audit lapangan sistem manajemen mutu klien oleh petugas atau auditor LSPro Baristand IndustriManado, yang di dalamnya menimbulkan kerugian terhadap Pelanggan, maka segala biaya yang ditimbulkannya akan ditanggung oleh LSPro Baristand Manado.
  4. Kesalahan, kelalaian dalam evaluasi oleh LSPro Baristand IndustriManado yang menimbulkan kerugian terhadap Pelanggan, LSPro Baristand IndustriManado akan mengganti kerugian biaya yang ditimbulkannya.

Last Updated (Friday, 27 October 2017 09:52)

 
Pencarian
Jumlah Kunjungan